Berbagi Ceria bersama Korban Terdampak Bencana

Berbagi Ceria bersama Korban Terdampak Bencana

Berbagi Ceria bersama Korban Terdampak Bencana

 

Malam pergantian tahun biasanya diramaikan dengan pesta dan suka cita menyambut harapan ditahun yang baru, namun pada awal tahun 2020 ini Provinsi Banten dilanda duka, khusunya untuk wilayah Lebak dan Tangerang. Hujan deras mengakibatkan luapan air dari sungai dan longsor. Ratusan rumah terendam banjir beserta harta benda lainnya. Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan kerugian material, tetapi juga psikologis warga serta menghambat aktifitas masyarakat.

 

Pada tanggal 14 Januari 2020, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi  Banten bekerjasama dengan relawan dari Fesbuk Banten News (FBn) mengadakan kegiatan trauma healing di SDN 1 Sukajaya, Sajira Kabupaten Lebak. Kegiatan diikuti oleh 150 siswa dan diisi dengan dongeng tentang mitigasi bencana, game, dan nonton film edukatif.

 

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan yg terkumpul dari pegawai DPK berupa alat tulis, makanan pokok dan snack. Bantuan tersebut diserahkan kepada relawan FBn untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memulihkan trauma psikologis yang dialami warga terdampak bencana dengan kegiatan yg penuh keceriaan. Selain itu juga, kegiatan ini mencoba membangkitkan kesadaran masyarakat mengenai potensi bencana di lingkungannya. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat terutama anak-anak siswa memiliki kesadaran tentang sebab dan akibat yang akan ditimbulkan oleh manusia terhadap alam.

 

Menurut Andi S. Trisnahadi dari relawan FBn kegiatan yg dilakukan oleh relawan FBn tidak hanya terbatas pada saat bencana, tetapi yg lebih penting adalah membantu warga pasca bencana, oleh karena itu Fbn tdk memiliki batas waktu pemberian bantuan, baik dlm bentuk materi maupun imaterial.

Share :