PROMOSI KEGEMARAN MEMBACA

PROMOSI KEGEMARAN MEMBACA

PROMOSI KEGEMARAN MEMBACA BAGI SISWA SMA/SMK DI SMKN 5 PANDEGLANG



 

Serang - Membaca merupakan salah satu pintu masuk dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia. Melalui membaca akan terjadi proses transformasi pengetahuan, pengalaman serta pengayaan kosakata bagi pembacanya. Untuk mendukung tumbuhnya generasi yang unggul, kesadaran membaca sangat penting karena dengan pengetahuan yang dimiliki akan menjadi modal dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Pada tahun 2020 ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten telah meracang program Promosi Kegemaran membaca bagi siswa SMA/SMK/MA di Provinsi Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran siswa mengenai pentingnya membaca buku bagi proses pengembangan diri siswa agar mampu menghadapi persaingan dimasa depan kelak. 

 

Program Promosi Kegemaran membaca pada tahun 2020 diawali dengan kegiatan di SMKN 5 Pandeglang (16-01-2020). SMKN 5 Pandeglang terletak di Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang, yaitu kecamatan paling selatan dalam wilayah admistratif  Kabupaten Pandeglang. Kendatipun demikian, semangat untuk meningkatkan kapasistas siswa terus dilakukan. Perpustakaan SMKN 5 Pandeglang merupakan salah satu Juara dalam perlombaaan Perpustakaan Sekolah di Provinsi Banten. Menurut Ayi Susanti (Kepala perpustakaan SMKN 5 Pandeglang), Pihak sekolah terus berupaya menyediakan sarana dan prasaran yang mendukung terselenggaranya pendidikan yang dapat mendorong peningkatan kualitas siswa, khususnya melalui penyediaan buku yang sesuai dengan minat dan bakat siswa agar tidak ketinggalan dari sekolah-sekolah lainnya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Pembudayaan kegemaran Membaca, Evi Syaefudin dan Pustakawan DPK Indra Hermayadi. Pada kesempatan ini, Kepala seksi Pembudayaan Kegemaran membaca menyampaikan bahwa penting bagi siswa untuk terus menumbuhkan kegemaran membaca karena dengan membaca akan mendorong siswa melatih kreatifitasnya sebagai modal dalam kehidupannya kelak. Selain itu, membaca akan meningkatkan daya saing siswa untuk mencapai cita-citanya. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung proses belajar dikelas dengan waktu yang terbatas.

 

Sementara itu, Indra Hermayadi menyampaikan tentang bagaimana menggunakan internet dan media sosial secara sehat. Pengetahuan tentang penggunaan media sosial dan internet secara sehat sangat penting dilakukan. Sebagaimana kita ketahuai bersama bahwa hampir sebagian besar remaja adalah pengguna media sosial dan internet yang aktif, apabila hal ini tidak diarahkan dengan benar, maka potensi buruk yang ada dapat merusak perkembangan siswa menjadi individu yang tidak diharapkan. Oleh karena itu, siswa harus dibekali pengetahuan mengenai dampak buruk dari penggunaan media sosial maupun internet yang tidak sehat.

 

Kegiatan yang diiikuti oleh kurang lebih 50 orang siswa tersebut kemudian diakhiri dengan nonton film edukatif. Kegiatan Promosi Kegemaran membaca harus dilakukan secara sinergis dan simultan antar pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses belajar dan mengajar. Hal ini penting dilakukan mengingat setiap tahun siswa akan beranjak pada tingkat berikutnya serta siswa yang menjadi pengganti di sekolah tetap dapat terus dilakukan proses penyadaran mengenai pentinyya membaca sampai tercipta sebuah budaya belajar dan membaca yang mampu mendukung pengembangan siswa.
Share :