KOMISI X DPR RI KUNJUNGI DPK PROVINSI BANTEN

KOMISI X DPR RI KUNJUNGI DPK PROVINSI BANTEN

Komisi X DPR RI Kunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten 

Serang, 22 Januari 2020. Komisi X DPR RI melakukan kunjungan Kerja Spesifik Bidang Perpustakaan Ke Provinsi Banten yang dipimpin oleh Ketua Komisi X DPR RI, Bapak Dede Yusuf Macan Effendi, S.T., M.I. Pol. terlebih dulu diterima oleh Gubernur Banten, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten untuk melakukan penyerapan aspirasi dari penyelenggara Perpustakaan Kabupaten/kota  dan Pegiat perpustakaan dan literasi se Provinsi Banten. Hadir pula  Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten Bapak Purtasan Ali Yusuf, di Aula di Komplek Gedung Negara Provinsi Banten, diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Benten dan Jajaran Pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Benten serta Ketua Komisi V yang diwakili oleh Bapak Purtasan Ali Yusuf.  Hadir dalam pertemuan tersebut komisi V DPRD Provinsi Banten, Perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota, pegiat literasi dan  penyelenggara  perpustakaan komunitas, serta organisasi yg berhubungan dan memiliki kepedulian terhadap  pembangunan perpustakaan dan peserta yang lainnya mengikuti acara tersebut lewat zoometing.

Dede Yusuf menyampaikan, bahwa kunjungan kali ini adalah kunjungan spesifik yaitu melakukan kunjungan khusus untuk menyerap atau mendapatkan  aspirasi dan membahas permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan perpustakaan, khususnya di wilayah Provinsi Banten

Dalam Kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pemberian Bantuan dari Pemerintah sebesar Rp. 11,5 Miliar untuk Infrastruktur dan Rp. 500 juta untuk  pembelian buku koleksi Perpustakaan di seluruh Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten. 

Selanjutnya Ketua komisi dan rombongan Ketua Komisi X DPR melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Provinsi Banten, di daerah Pakupatan Kota Serang. Berdasarkan hasil kunjungan ke DPK Banten, ia menilai kondisi sarana dan prasarana di DPK Banten sudah cukup baik, walaupun masih perlu pengembangan untuk memberikan pelayanan yg lebih baik lagi. Aktor Kawakan juga mengapresiasi DPK Provinsi  Banten yang telah menyediakan pojok baca tentang literatur banten yaitu Banten Corner.

Di lokasi yang sama, Kepala DPK Banten Usman Assihiddiqi Qohara mengaku merasa terhormat dan memberikan apresiasi kepada Komisi X DPR RI yang khusus melakukan kunjungan ke DPK Banten.

Dengan adanya kunjungan ini DPK Banten akan lebih semangat untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemustaka/pengunjung dan terus berupaya mengembangkan perpustakaan/literasi di Provinsi Banten.

Ia berharap bahwa bantuan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus yang diterima Pemerintah Kabupaten/Kota tersebut diharapkan  dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan  memberikan dampak  dalam penguatan literasi dan pengembangan Perpustakan di Provinsi Banten,  untuk peningkatan daya saing masyarakat banten, khususnya mewujudkan Visi "Banten yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berakhlakul Karimah”.

Oleh karena itu, Saran dan masukan yang  disampaikan oleh Komisi X DPR RI insya Allah akan kami segera tindaklanjuti," kata Usman.

Dalam kesempatan itu, Usman menyampaikan bahwa sudah banyak terobosan dan inovasi yang dilakukan DPK Banten untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah koleksi e-book atau i-Banten untuk memberikan pelayanan peminjaman buku kepada para pengunjung di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Provinsi Banten.

"Pada satu sisi pandemi adalah musibah, namun disisi lain pandemi ini memaksa kita untuk kreatif. Banyak terobosan dan inovasi yang sudah dan akan dilakukan oleh DPK Banten untuk meningkatkan pelayanan kepada para pemustaka".

Pada kesempatan tersebut Usman Assihiddiqi Qohara menyampaikan bahwa selain urusan perpustakaan DPK Provinsi Banten juga memiliki urusan kearsipan, yang juga telah berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berinovasi serta berprestasi di tingkat nasional, imbuhnya.


Share :