RAPAT PERSIAPAN PENATAAN ARSIP KONVENSIONAL OPD

RAPAT PERSIAPAN PENATAAN ARSIP KONVENSIONAL OPD

 

Serang -  03/03/2021 telah diselenggarakan Rapat Persiapan Penataan Arsip Konvensional OPD bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten ruang audio visual lantai II, Narasumber pada kegiatan ini Kepala DPK Provinsi Banten Usman Asshiddiqi Qohara, S.Sos, M.Si, memberikan materi tentang Kebijakan Penyelenggaraan Kearsiapan di Provinsi Banten beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya menurut Perda No. 4 tahun 2014 Penyelenggaraan Kearsiapan Daerah menetapkan kebijakan, pembinaan dan pengelolaan arsip dan ini harus didukung oleh SDM, sarana dan prasanan dan anggaran. Adapun tujuannya Menjamin terciptanya arsip di Pencipta Arsip (OPD), Menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti sah, Menjamin pengelolaan arsip yang andal, Menjamin keselamatan dan keamanan arsip, Meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sedangkan untuk unit kearsipan pada pemerintahan daerah berada dilingkungan satuan kerja perangkat daerah (OPD) dan penyelenggara pemerintah daerah, tugas unit kearsipan pemerintah daerah adalah melaksanakan pengelolaan arsip inaktif dari unit pengelolah OPD & penyelenggara pemerintahan daerah; melaksanakan pemusnahan arsip dari lingkungan OPD & penyelenggara pemerintahan daerah; mempersiapkan penyerahan arsip statis oleh pimpinan OPD & penyelenggara pemerintahan daerah kepada lembaga kearsipan daerah; melaksanakan pembinaan & evaluasi dalam rangka penyelenggaraan kearsipan di lingkungannya.

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Deni Andriani, S.Sos, M.Si sebagai narasumber kedua, materi yang disampaikan tentang Manajemen Arsip Dinamis, bahwasannya  konsep dasar kearsipan adalah menyelenggarakan administrasi, arsip bukan hanya surat akan tetapi lebih luas lagi ada berita acara, nota dinas, surat keputusan, proposal, SP2D, SPJ, dokumen kontrak, foto cetak, peta dan dokumen lainnya. Arsip dinamis terdiri dari arsip aktif dan inaktif, Arsip yang baik itu arsip Asli (otentik), dapat dipercaya, utuh dan lengkap dan dapat digunakan. Bagaimana cara mengelola arsip dengan baik dengan cara mentapkan SDM Pengelola Arsip, membuat kegiatan pengelolaan arsip, menyediakan sarana pengelolaan arsip aktif, mnyediakan sarana pengelolaan arsip aktif Inaktif, dan idealnya pembangunan kearsipan harus ada pengelola arsip, anggaran dan regulasi. Adapun peserta yang hadir dalam Rapat Persiapan Penataan Arsip Konvensional OPD dari OPD Pemerintah Provinsi Banten. Tim DPK

Share :