“Ngobrol Santai Virtual” dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional

“Ngobrol Santai Virtual” dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional

Serang -  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten mengadakan kegiatan “Ngobrol Santai Virtual” dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2021 yang bertepatan dengan HUT Perpustakaan Nasional yang ke-41. Kegiatan yang bertema “Akses Buku dan Peningkatan Minat Baca Masyarakat”. Acara in dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Mei 2021 Pukul 13.30 WIB melalui Zoom Meeting.

Hadir Narasumber pada acara ini yaitu Usman Asshiddiqi Qohara (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten/Ketua Umum Forum Perpustakaan Umum Indonesia), Wahyu Nurjamil (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang), Heri Hendriyana Haris atau yang lebih dikanal dengan Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia dan Rahmat Heldi (Duta Baca Provinsi Banten) serta dipandu oleh moderator Indra Hermayadi (Katua IPI Provinsi Banten).

Dalam kesempatan ini banyak hal yang menarik yang diperbincangkan oleh para narasumber, terutama tentang bagaimana cara untuk meningkatkan indeks minat baca di Provinsi Banten pada masa pandemi seperti sekarang ini. Usman Asshiddiqi menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten dalam meningkatkan indeks minat baca yaitu melalui berbagai kegiatan diantaranya, perpustakaan keliling, mobil pintar, silang layan/koleksi pinjam pakai maupun melalui digitalisasi bahan pustaka serta pemanfaatan platform-platform digital untuk memasyarakatkan minat baca.

Sedangkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Provinsi Banten agar segera menyusun Peraturan daerah (perda) tentang Perbukuan, agar ekosistem literasi dapat terbentuk di Banten. Selain itu ia berharap Gubernur maupun Bupati/Walikota saling bersinergi untuk meningkatkan minat baca masyarakatnya.

Pada kesempatan yang sama Duta Baca Provinsi Banten, Rahmat Heldy memberikan saran agar dunia literasi harus lebih ditingkatkan terlebih lagi di pondok pesantren. Beliau berharap pemerataan aspek literasi baik di sekolah maupun di pondok pesantren harus seimbang untuk mendorong indeks minat baca.

Sedangkan, Wahyu Nurjamil selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang juga memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Provinsi Banten pada umumnya dan Masyarakat Kota Serang pada khususnya untuk meningkatkan kegemaran membaca. Upaya ini tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh pemerintah dan para pegiat literasi di Provinsi Banten. Semua harus bersepakat untuk bersinergi membangun literasi.

Kegiatan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut diikuti oleh peserta di zoom Meeting sebanyak 45 orang. Kegiatan ini juga di siarkan secara langsung melalui Instagram dan Youtube Perpustakaan Provinsi Banten. Tim DPK.

Share :