Bina Perpustakaan Sekolah, DPK Provinsi Banten Gelar Bimtek Inlislite Perpustakaan

Bina Perpustakaan Sekolah, DPK Provinsi Banten Gelar Bimtek Inlislite Perpustakaan

Serang - Dalam rangka melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten menggelar Bimbingan Teknis Inlislite Perpustakaan Sekolah di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten pada tangga 15 Juni 2021.

 

Dalam sambutannya, Usman Asshiddiqi Qohara, Kepala DPK Provinsi Banten menyampaikan bahwa kegiaan ini salah satu bentuk pembinaan perpustakaan sekolah yang menjadi kewenangan Provinsi Banten, yaitu perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK.

Ia menjelaskan, pembinaan kali ini terkait dengan Aplikasi Inlislite Perpustakaan yaitu salah satu aplikasi untuk memudahkan mengakses terhadap koleksi perpustakaan sekolah dan menjadi bagian modernisasi perpustakaan, pelayanan perpustakaan sekolah dilakukan secara otomasi.

 

“Melalui aplikasi ini perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK kedepannya bisa terintegrasi. Kebutuhan koleksi tidak harus dipenuhi sendiri, karena bisa bersinergi dengan perpustakaan sekolah lainnya,” kata Usman,

 

Secara umum dengan aplikasi inlislite Pepustakaan lanjutnya, bisa terkoneksi secara luas antara satu perpustakaan sekolah dengan perpustakaan sekolah lainnya. Tentunya koneksi tersebut jika memiliki perpusakaan sekolah aplikasi yang sama.

 

Dalam kesempatan itu, Usman juga menyampaikan bahwa kedepannya aplikasi ini akan menjangkau perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah pada jenjang SD dan SMP yang merupakan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten/Kota dan perpustakaan perguruan tinggi.

 

“Karena dalam memberikan pembinaan kepada perpustakaan tidak ada batasan. Kami tidak masalah mensuport, namun untuk tingkat SD, SMP dan Perguruan Tinggi bisa mengajukan surat permohonan bimbingan teknis sistem inlislite perpustakaan kepada kami,” imbuhnya. Tim DPK.

Share :