DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI


 Oleh HMS. Suhary  AM*


 I.     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Teknologi Informasi di Era Globalisasi dan di penghujung millenium kedua ini, telah membawa masyarakat manusia ke dalam wawasan yang lebih luas serta mnemudahkan komunikasi yang cepat dalam waktu yang singkat, bukan hanya dalam    hitungan jam akan tetapi sudah dalam hitungan detik dan menit. Teknologi Informasi (TI) telah membawa dampak positif dan sekaligus berdampak negatif, sehingga manusia harus memilah dan memilih agar tidak terjerembab ke dalam jurang kenistaan.

Informasi melalui media sosial misalnya adalah sangat bermanfaat bagi pengembangan wawasan berpikir dan dunia ilmu pengetahuan, akan tetapi media sosial juga memberikan dampak yang negatif kepada masyarakat manusia, misalnya bagi generasi anak-anak yang tadinya tidak pernah melihat adegan-adegan diluar etika, dengan teknologi informasi melalui unroid atau mereka (anak-anak) usia remaja dapat melihat dengan kasat mata. Hal ini, telah membawa pikiran anak-anak remaja ke arah yang tidak baik/tidak sehat. Adanya situs-situs pornografi, predator anak, penjualan anak, perdagangan narkoba  dan berbagai macam jenis kejahatan telah muncul dalam media teknologi  informasi/media sosial. Tentu, bagi dunia pendidikan dan para orang tua/wali harus dapat mengantisifasi serta dapat memberikan bimbingan kepada peserta didik agar tidak terfokus kepada hak-hal yang negatif.


B.       Rumusan Masalah

1.    Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ?

2.    Bagaimana Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis TIK ?

3.    Bagaimana Dampak TIK dalam Pembelajaran ?


II.  PEMBAHASAN

A.      Pengertian Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi terdiri dari dua kalaimat Teknologi dan Informasi. Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan bagian pengirim dan penerima. Dengan teknologi informasi ini diharapkan pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. Dalam bahasa Inggris disebut Information and Communication  Technologies (ICT) adalah payung besar teknologi yang mencakup seluruh peralatan teknis dalam memproses dan  menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi. (Avisha.com 10/02/2014). Oleh karena itu, istilah Teknologi Informasi dengan Teknologi Komunikasi tidak dapat dipisahkan karena saling keterkaitan. Teknologi Informasi merupakan alat bantu dalam pmemproses komunikasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak)  dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad 20 hingga abad 21 dan TIK masih terus mengalami berbagai perubahan-perubahan dan  belum terlihat titik jenuhnya.

B.       Tujuan Desain Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran merupakan sebuah keharusan  yang dibuat oleh seorang guru (pendidik) dalam rangka merancang bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik (siswa). Dengan demikian menurut Martinis (2006:23 dalam Siti Zakiyah Wati, 2011) ada beberapa keuntungan yang dapat dan diperoleh  oleh pendidik, apabila menggunakan tujuan yang jelas dan benar, antara lain  (a) adalah waktu yang tepat, dapat dialokasikan dan dimanfaatkan secara tepat, (b) pokok bahasan dapat dibuat seimbang, sehingga tidak ada materi pelajaran yang dibahas terlalu mendalam atau terlalu sedikit (c) guru dapat menetapkan berapa banyak materi pelajaran dapat atau sebaliknya disajikan dalam jam pelajaran. (d) guru dapat menetapkan urutan atau rangkaian materi pelajaran dan memudahkan siswa dalam mempelajari isi pelajaran (e) guru dapat mudah menetapkan strategi pembelajaran yang cocok dan menarik  (f) guru dapat dengan mudah, tepat dan cukup waktu untuk mempersiapkan berbagai keperluan peralatan maupun bahan yang diperlukan dalam belajar (g) guru dapat dengan mudah mengukur keberhasilan siswa dalam belajar (h) guru dapat menjamin bahwa hasil pembelajaran akan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar tanpa tujuan intruksional.

C.      Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK

•Perkembangan TIK  begitu cepat mempengaruhi dunia  pendidikan. Institusi Pendidikan yang tidak menggunakan TIK akan kalah bersaing dan ketinggalan zaman.

•Revolusi Teknologi membuat komputer semakin bertambah pintar, kompak dan mudah dipakai, yang tadinya ukuran besar, sekarang berukuran kecil dan mudah di bawa kemana-mana, praktis dan menyenangkan, meski di dalam hutan, bisa digunakan untuk memproleh informasi yang diperlukan.

•Peranan Teknologi Komputer dalam proses belajar melahirkan suasana yang menyenangkan (comfortable).

D.      Perlunya Desain Pembelajaran.

Berdasarkan UU NO. 14 Tahun 2005 menyatakan bahwa guru adalah pendidikan yang profesional, profesi adalah pekerjaan sebagai pendidik harus memiliki keterampilan dalam pembelajaran, selain dia harus memfasilitasi dirinya dengan seperangkat pengalaman, keterampilan dan pengetahuan tentang keguruan sesuai keilmuan yang ditekuninya.

• Guru memegang peranan yang sangat menentukan bagi keberhasilan di dalam kelas. Cooper (1990 dalam Siti Zakiyah Wati, 2011) mengindentifikasi sepuluh jenis kecakapan yang menjadi persyaratan dasar jika seorang akan berdiri di depan kelas. Yaitu :

1.        Guru harus berperan sebagai pembuat keputusan

2.        Guru harus menjadi perencana pembelajaran

3.        Guru harus berperan sebagai penentu

4.        Guru harus mdemiliki kecakapan menyampaikan pembelajaran

5.        Guru harus cakap bertanya untuk mendinamikan pembelajaran

6.        Guru harus memahami konsep pengajaran dan pembelajaran

7.        Guru harus cakap berkomunikasi

8.        Guru harus mampu mengendalikan kelas

9.        Guru harus dapat mengakomodasikan seluruh kebutuhan peserta didik/peserta belajar

10.    Guru harus dapat melakukan evaluasi.


E.       Dampak Komputer dan Media Teknologi Dalam Pembelajaran

• Dampak positif Komputer dalam pengembangan ilmu pengetahuan

• Penggunaan Komputer dalam Pendidikan menjadi lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan pengetahuan.

• Perangkat Komputer sebenarnya netral, artinya pengaruh baik dan buruknya akan bergantung kepada si pemakai, tidak ubahnya senjata pisau bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak digunakan untuk tujuan yang tidak baik/tujuan kejahatan.


III.   KESIMPULAN

Dengan perubahan paradigma  Pendidikan dan Pendekatan Tradisional dan konvensional menuju perubahan pendekatan Multi Media dengan penekanan penggunaan TIK yang dapat menjadi pendukung utama sebagai sumber belajar dan pembelajaran. Maka pemahaman dan penguasaan TIK merupakan keniscayaan dalam dunia pendidikan. Realitasnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat dibutuhklan dalam dunia pendidikan.


*Penulis adalah Ketua II PP. MPSII (Pimpinan Pusat Majlis Pendidikan Syarikat Islam Indonesia). Ketua Dewan Pakar Badan Koordinasi Muballigh Indonesia) Provinsi Banten.


Share :