PUNCAK HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN


HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN TINGKAT PROVINSI BANTEN 2017

 

Serang - Tahun ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten kembali mengadakan Hari Kunjung Perpustakaan, tema yang diangkat tahun ini adalah “Perpustakaan untuk Semua”. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk merangkul untuk semua lapisan masyarakat agar berkunjung ke perpustakaan, bukan hanya berkunjung tapi juga menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi, tempat tujuan utama saat membutuhkan bahan bacaan.

Rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2017 dimulai dari tanggal 16 – 20 September 2017, seluruh rangkaian acara dilaksanakan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Rangkaian acara yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

Sabtu, 16 September 2017

Jam 10.00 – 12.00  Menulis Kreatif dan Trik Menembus Penerbit, dengan narasumber berasal dari Penerbit KataDepan, yaitu Pemimpin Redaksi Kata Depan, Gita Romadhona dan Widyawati Oktavia yang merupakan editor Penerbit KataDepan. Penerbit Kata Depan adalah penerbit yang menerbitkan “Be Cool, Be Gratefull” Wirda Mansyur. Sharing kepenulisan ini akan dimoderatori oleh Hilal Ahmad, dilaksanakan di ruang baca dewasa lantai 1.

Minggu, 17 September 2017

Jam 10.00 – 11.00  Mendongeng bersama Kak Permadi, Kak Permadi adalah salah satu pustakawan yang juga cukup aktif mendongeng di berbagai acara sosial. Salah satu komunitas di mana dia cukup aktif mendogeng adalah Ayo Dongeng Indonesia, selain itu Kak Permadi juga merupakan juara 3 Pustakawan terbaik tingkat Provinsi Banten. Acara ini akan dilaksanakan di ruang anak Perpustakaan Provinsi Banten.

Senin, 18 September 2017

Jam 13.30 – 15.30  Bedah Buku “Apa Kabar BOS?” karya Teteng Jumara, buku ini akan dibedah oleh Mustafa Kamil (Pegiat Kebudayaan).  Acara ini akan dimoderatori oleh Dhea, jurnalis Baraya TV. Bedah buku ini dilaksanakan di ruang baca dewasa.

Selasa, 19 September 2017

Pada tanggal 19 September 2017 dilaksanakan Hari puncak hari Kunjung Perpustakaan acara ini dibuka oleh Gubernur Banten, DR. H. Wahidin Halim, M.Si, selain membuka Hari Kunjung Perpustakaan, Gubernur juga menyerahkan bantuan kendaraan perpustakaan keliling yang merupakan bantuan dari Angkasa Pura II kepada 6 Perpustakaan Kabupaten dan Kota ( Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan). Tidak hanya itu Angkasa Pura II juga memberikan bantuan Kendaraan Puskesmas Keliling kepada Kabupaten dan Kota.

Dalam sambutannya Gubernur Banten berharap dengan hadirnya kegiatan ini dapat memulihkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan terhadap perpustakaan dan meningkatkan kunjungan perpustakaan serta minat dan budaya baca semakin besar. Gubernur menilai kebiasaan membaca harus dimulai dari lingkungan keluarga, teman-teman dan masyarakat disekitar kita. Gubernur Banten menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Banten gemar membaca.   

Acara ini selain dihadiri Gubernur Banten DR. H. Wahidin Halim, M.Si, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Bupati/Walikota se Provinsi Banten atau yang mewakili, Asda III Pemprov Banten Syamsir, Kepala OPD se Provinsi Banten atau yang mewakili, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se Provinsi Banten, dan Perwakilan dari PT. Angkasa Pura II. Serta masyarakat.

Pada hari pembukaan ini, Perpustakaan juga menyelenggarakan Lomba Mewarnai untuk tingkat Taman Kanak-kanak , peserta lomba yang hadir sekitar 200 anak. Setelah pembukaan dan lomba mewarnai, acara akan dilanjutkan dengan talkshow parenting “Keluargaku Membaca, Keluargaku Hebat” yang akan menjadi narasumber pada talkshow ini adalah Adhitya Mulya (penulis buku Parent Stories, Sabtu Bersama Bapak) dan Kak Resha (Motivator Keluarga),dengan moderator Aip Rohadi, seorang pustakawan dan juga seorang Ayah. Selepas Dzuhur, acara dilanjutkan dengan bedah buku “Secangkir Kopi sebelum Khotbah Jum’at”, bedah buku ini akan dihadiri oleh penulisnya Fatih Zam dan dibedah oleh Yulia Rehan Faradisa, keduanya adalah anggota Dewan Perpustakaan.

Rabu, 20 September 2017

Menjadi hari terakhir dari seluruh rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan. Pada hari ini akan diselenggarakan lomba Menggambar untuk tingkat SD(kelas 3 dan 4), seminar perpustakaan ,dan bedah buku. Seminar perpustakaan yang mengambil “Kemas Ulang Informasi sebagai langkah inovatif layanan perpustakaan” mengambil pustakawan UIN, peneliti PDII-LIPIdan Perpustakaan Nasional sebagai narasumber. Seminar perpustakaan akan dihadiri oleh pengelola perpustakaan baik sekolah, umum maupun khusus. Pada siang hari, Hari Kunjung Perpustakaan akan diramaikan oleh bedah buku karya Dwitasari  “Setelah Kamu Pergi”, Dwitasari adalah penulis produktif penerbit Bentang Pustaka, beberapa buku karyanya bahkan difilmkan, seperti Raksasa dari Jogja dan Strawberry. Buku “Setelah Kamu Pergi” akan dibedah oleh penulis Banten yang sudah menerbitkan buku best seller di penerbit Gagasmedia yaitu Endang Rukmana.

Selain seluruh rangkaian acara diatas, Hari Kunjung Perpustakaan diramaikan oleh bazaar buku dari berbagai penerbit seperti Mizan Pustaka, Agro Media Group, Republika dan Toyota Tunas.

 

Senin s.d Rabu, 18 s.d 20 September 2017

Pada kesepatan ini juga tidak ketinggalan diadakan pameran arsip oleh Dinas Perpusrtakaan dan Kearsipan Provinsi Banten yang menampilkan foto-foto Banten sejak zaman kesultanan sampai dengan hari ini, dan pemutaran film-film sejarah banten.

 

........................Ayo Membaca.................Salam LITERASI...........................


Tentang Kami


Statistik Kunjungan