• Monday, 21 October 2019
  • PEMENUHAN STANDAR PERPUSTAKAAN SEKOLAH


    PEMENUHAN STANDAR PERPUSTAKAAN SEKOLAH

    Oleh M. Kamaludin*

    Pendahuluan

    Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang diselenggarakan satuan pendidikan bersangkutan yang layanannya diperuntukkan bagi peserta didik, tenaga pendidik pada satuan pendidikan yang bersangkutan dan diselenggarakan di lingkungan sekolah. Pengertian perpustakaan sekolah adalah suatu tempat baik berupa gedung maupun non gedung (ruangan khusus) yang merupakan tempat terhimpunnya berbagai bahan pustaka, baik cetak maupun non cetak seperti buku, majalah, surat kabar, film, video dan CD guna menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersangkutan.

    Perpustakaan Sekolah memiliki fungsi sebagai pusat sumber belajar, pusat kegiatan literasi informasi, pusat penelitian, pusat kegiatan baca membaca, tempat kegiatan kreatif, imajinatif, inspiratif dan rekreatif.

    Sementara tugas perpustakaan sekolah adalah mengembangkan koleksi perpustakaan, mengorganisasikan bahan perpustakaan, mendayagunakan koleksi perpustakaan, menyelenggarakan pendidikan pemustaka, melakukan perawatan koleksi, menunjang terselenggaranya proses pembelajaran di sekolah, mendayagunakan hasil karya tulis peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, menyediakan jasa perpustakaan dan informasi, melaksanakan kegiatan literasi informasi, melakukan kerjasama perpustakaan, melakukan promosi perpustakaan.

    Cakupan standar perpustakaan sekolah sebagaimana tercantum dalam Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah yang dikeluarkan Perpustakaan Nasional meliputi : 1). Koleksi perpustakaan terdiri dari jenis koleksi, jumlah koleksi, bahan perpustakaan referensi, pengorganisasian bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan, 2). Perawatan terdiri dari sarana dan prasarana, gedung/ruang,  area, sarana, dan lokasi perpustakaan. 3). Layanan terdiri dari jam buka perpustakaan, jenis layanan perpustakaan, program wajib kunjung perpustakaan, program pendidikan pemustaka, program iiterasi informasi, promosi perpustakaan, laporan kegiatan layanan (statistik), kerjasama perpustakaan, integrasi dengan kurikulum. 4). Tenaga perpustakaan terdiri dari jumlah tenaga perpustakaan, kepala perpustakaan. 5). Penyelenggaraan terdiri dari penyelenggaraan dan pendirian perpustakaan, nomor pokok perpustakaan (NPP), struktur organisasi, program kerja. 6). Pengelolaan perpustakaan terdiri dari visi misi perpustakaan, tujuan perpustakaan, kebijakan pengelolaan perpustakaan, tugas perpustakaan, fungsi perpustakaan, dan anggaran. 7). Teknologi informasi dan komunikasi.

    Perpustakaan Sekolah

    Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

    Dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, menyebutkan bahwa 1). Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan. 2). Perpustakaan wajib memiliki koleksi buku teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan yang bersangkutan dalam jumlah yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. 3). Perpustakaan mengembangkan koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan. 4). Perpustakaan sekolah/madrasah melayani peserta didik pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan. 5). Perpustakaan sekolah/madrasah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 6). Sekolah/madrasah mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah/madrasah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.

    Standar Perpustakaan Sekolah

    1. Koleksi. Koleksi perpustakaan meliputi buku teks, buku penunjang kurikulum, buku bacaan, buku referensi dan buku biografi, terbitan berkala, audiovisual. Perpustakaan memperkaya koleksi dan menyediakan bahan perpustakaan dalam berbagai bentuk media dan format sekurang-kurangnya buku pengayaan dengan perbandingan 70% nonfiksi dan 30% fiksi, dengan jumlah buku minimal sebanyak 1.000 judul. Perpustakaan melanggan minimal tiga judul majalah dan tiga judul surat kabar.

    2. Sarana Prasarana. Sarana prasarana perpustakaan terdiri dari Rak buku, rak majalah, rak surat Kabar, meja baca, kursi baca, kursi kerja, meja kerja, lemari katalog, lemar, papan pengumuman, meja sirkulasi, majalah dinding, rak buku referensi, perangkat komputer dan mejanya untuk keperluan administrasi, perangkat komputer, meja dan fasilitas akses internet untuk keperluan pemustaka, katalog publik online. Untuk ukuran ideal gedung/ruang perpustakaan sebagaimana tercantum dalam Permendiknas No.24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah(SMA/MA) adalah 3 sampai 6 rombongan belajar seluas 112 M2, atau 7 sampai 12 rombongan belajar seluas 168 M2, atau 13 sampai 18 rombongan belajar seluas 224 M2, atau 19 sampai 27 rombongan belajar seluas 280 M2. Sementara itu gedung/ruang perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi area koleksi, area baca, area kerja, area multimedia. Lokasi perpustakaan berada di pusat kegiatan pembelajaran dan mudah dilihat serta mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

    3. Layanan. Perpustakaan menyediakan layanan kepada pemustaka sekurang-kurangnya delapan jam per hari kerja. Jenis layanan perpustakaan. Jenis layanan perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi 1) layanan baca di tempat; perpustakaan menyediakan ruangan untuk membaca koleksi tercetak atau koleksi digital. 2) layanan sirkulasi; mencakup semua kegiatan pencatatan yang berkait dengan pemanfaatan dan penggunaan koleksi. Sekolah memiliki program wajib kunjung perpustakaan sekurang-kurangnya satu jam pelajaran per kelas per minggu. 3) layanan referensi; Koleksi referensi adalah koleksi bahan informasi atau bahan pustaka atau contoh-contoh bahan yang dimiliki perpustakaan yang terdiri berbagai bentuk dan digunakan sebaai bahan untuk mendapatkan informasi tertentu. Koleksi jenis ini umumnya tidak untuk dibaca secara menyeluruh, nelainkan hanya pada bagian tertentu saja, dengan maksud untuk memperoleh informasi tertentu pada bagian tersebut. 4) layanan teknologi informasi dan komunikasi. Berupa layanan koleksi digital yang dimiliki perpustakaan. Promosi. Perpustakaan melakukan promosi perpustakaan sekurang-kurangnya dalam bentuk a) brosur/leaflet/selebaran, b) daftar buku baru, c) majalah dinding perpustakaan, d) lomba yang berkaitan dengan pemanfaatan perpustakaan. Laporan layanan. Perpustakaan membuat laporan kegiatan layanan perpustakaan (statistik) sekurang-kurangnya berupa a. Laporan bulanan b. Laporan tahunan

    4. Tenaga. Perpustakaan dikelola oleh tenaga perpustakaan sekurang-kurangnya 1 orang. Bila memiliki lebih dari enam rombongan belajar, maka sekolah diwajibkan memiliki tenaga perpustakaan sekolah sekurang-kurangnya dua orang. Kualifikasi tenaga perpustakaan sekolah minimal diploma dua di bidang ilmu perpustakaan. Kepala Perpustakaan. sekolah dapat mengangkat kepala perpustakaan apabila memiliki lebih dari satu orang tenaga perpustakaan dan memiliki lebih dari enam rombongan belajar. Kualifikasi kepala perpustakaan adalah tenaga perpustakaan sekolah atau tenaga kependidikan dengan pendidikan minimal D2 di bidang ilmu perpustakaan dan informasi atau D2 bidang lain yang sudah memperoleh sertifikat pendidikan di bidang ilmu perpustakan dan informasi dari lembaga pendidikan yang terakreditasi. Kepala perpustakaan sekolah harus memiliki sertifikat kompetensi perpustakaan yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi terakreditasi.

    5. Penyelenggaraan dan Pendirian Perpustakaan. bahwa setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan sekolah. Pendirian perpustakaan sekolah ditetapkan dengan surat keputusan kepala sekolah atau yayasan atau lembaga yang menaunginya. Struktur Organisasi Perpustakaan pada struktur Organisasi sekolah

    6. Pengelolaan Perpustakaan. Perpustakaan sekolah/madrasah memiliki visi, misi, tujuan, tugas, fungsi, anggaran dan kebijakan pengembangan (strategis) yang dituangkan secara tertulis dan disyahkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan. Adapun tugas Perpustakaan Sekolah adalah mengembangkan koleksi perpustakaan, mengorganisasikan bahan perpustakaan, mendayagunakan koleksi perpustakaan, menyelenggarakan pendidikan pemustaka, melakukan perawatan koleksi, menunjang terselenggaranya proses pembelajaran di sekolah, mendayagunakan hasil karya tulis peserta didik, pendidik dan tenagakependidikan, menyediakan jasa perpustakaan dan informasi, melaksanakan kegiatan literasi informasi, melakukan kerjasama perpustakaan, melakukan promosi perpustakaan. memiliki anggaran yang jelas, adanya kerjasama dengan perpustakaan lain, dan terintegrasi dengan kurikulum.

    Penutup

    Dengan membanjirnya informasi dalam skala global, perpustakaan sekolah diharapkan tidak hanya menyediakan buku bacaan saja namun juga perlu menyediakan sumber informasi lainnya, seperti bahan audio-visual dan multimedia, serta akses informasi ke internet. Akses ke internet ini diperlukan untuk menambah dan melengkapi pengetahuan anak dari sumber lain yang tidak dimiliki oleh perpustakaan di sekolah. Menyikapi hal ini pustakawan sekolah dan guru perlu mengajarkan kepada murid untuk dapat mengenali jenis informasi apa saja yang diperlukan dan menelusurinya melalui sumber informasi tersebut di atas. Untuk itu diperlukan program pengetahuan tentang literasi informasi di sekolah.

    Untuk mewujudkan perpustakaan sekolah yang berdaya guna bagi penyediaan informasi warga sekolah, harus dikelola secara profesional dan memenuhi standar nasional perpustakaan yang ditetapkan Perpustakaan Nasional RI. Standar perpustakaan ini diterapkan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat dilingkungan sekolah dan sebagai pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.

    *Pustakawan DPK Kota Serang


    Twitter


    perpusda_banten

    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan