• Monday, 21 October 2019
  • FGD Otomasi Perpustakaan


    FGD Otomasi Perpustakaan dan Pengembangan E-Library

    "Optimalisasi Sistem Inlislite Perpustakaan Knowlegde Sharing Melalui Jejaring Perpustakaan Digital"

     

    Serang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten mengadakan  Forum Group Discusion (FGD) Otomasi Perpustakaan dan Pengembangan E-Library di Lantai IV Gedung Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten dengan tema “Optimalisasi Sistem Inlislite Perpustakaan Knowlegde Sharing Melalui Jejaring Perpustakaan Digital”, Rabu, 21 Agustus 2019. Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten DR. H. Ajak Moeslim,M.Pd, mengatakan bahwa perpustakaan sebagai pusat informasi tentu menjadi bagian yang terkena efek dari perkembangan teknologi dan informasi. Perpustakaan selayaknya dapat mengakomodir perkembangan sebagai upaya memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka yang datang dari berbagai macam kalangan dengan kebutuhan yang beragam.

    Lebih lanjut Kadis mengatakan penerapan otomasi di perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan, citra perpustakaan itu sendiri. Otomasi Perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI). Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali. Dengan adanya otomasi perpustakaan maka efisiensi tenaga, waktu dan biaya akan terasa bagi pengelola perpustakaan, demikian juga bagi pengguna perpustakaan karena pengguna perpustakaan dapat mengakses data dan informasi bahan pustaka dari mana dan kapan pun.

    Sementara itu Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa kegiatan FGD ini muncul akibat adanya tuntutan dari Dinas Pepustakaan Kab/Kota dan pengelola perpustakaan sekolah agar dapat melakukan pengembangan aplikasi inlislite perpustakaan. FGD ini dihadiri 46 orang yang terdiri dari Dinas Pepustakaan Kab/Kota dan pengelola perpustakaan SMA/SMK/MA di Provinsi Banten yang telah terinstall program inlislite dari Perpustakaan Nasional.

    Dalam kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tuty Hendrawati Kepala Bidang Kerjasama Perpustakaan dan Otomasi, menyampaikan materi tentang Grand Design E-Library  Perpustakaan Nasional Ri  2015 – 2019, Aristianto Hakim Kepala Sub Bidang Otomasi, menyampaikan materi tentang Perkembangan INLISLite dan  Perpustakaan Digital Nasional  Indonesia, serta pemateri dari Provinsi Banten, Dar Es Salam, S.Kom Kepala Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi Dinas Kominfo Statistik & Persandian, menyampaikan materi tentang Kebijakan Dan Implementasi E-Government Dalam Otomasi Perpustakaan Dan Pengembangan E-Library.


    Twitter


    perpusda_banten

    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan