• Sunday, 19 May 2019
  • Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan Daerah


    Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan Daerah

    Bersinergi untuk Kesuksesan Kearsipan di Provinsi Banten

     

    Serang (7/2/2015) Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten (BPAD) selaku lembaga kearsipan di lingkungan pemerintah Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan Daerah Pemerintah Provinsi Banten. Rapat koordinasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin komunikasi yang intensif khususnya antara BPAD Provinsi Banten dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten maupun dengan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 27 – 28 Maret 2016 di Hotel Le Dian Serang.

    Acara dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Drs. H. Ranta Soeharta, MM. Dalam sambutan dan arahannya beliau mengapresiasi kegiatan rapat koordinasi ini sehingga dapat memacu perkembangan penyelenggaraan kearsipan di Provinsi Banten. Walaupun dengan berat hati beliau mengemukakan bahwa pengelolaan arsip satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten belum berjalan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat dari sulitnya mencari arsip-arsip yang diminta oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pemeriksaan kasus-kasus yang berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten maupun arsip yang diminta oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Padahal Provinsi Banten baru berdiri sekitar 16 (enam) belas tahun sehingga arsip yang tercipta masih bisa ditelusuri dan di simpan dengan baik. Disamping itu beliau juga mengungkapkan pentingnya arsip baik dalam kehidupan pribadi maupun untuk kepentingan pemerintahan. Contohnya akta kenal lahir yang merupakan bukti otentik bagi seseorang. Arsip perlu dikelola dengan baik sebagai bukti akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Banten.

    Penyelenggaraaan acara ini juga merupakan ajang untuk sinkornisasi program kerja bidang kearsipan di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Sehingga diharapkan dapat terjadi sinegitas dalam penyelenggaraan kearsipan di Provinsi Banten. Hal ini di ungkapkan oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten (BPAD), drg. Andi Fatmawaty, M.Kes, dalam laporannya selaku ketua panitia penyelenggara. Lebih lanjut beliau melaporkan peserta rakor berjumlah 120 orang terdiri dari 40 orang dari SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, dan 80 orang dari Lembaga Kearsipan Daerah beserta SKPD terkait kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

    Hadir sebagai narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia adalah Direktur Keasipan Daerah II, Drs. Mukhtar Mawardi, M.Hum.


    Twitter


    perpusda_banten

    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan